Skip to content

Kabar gembira mengenai PPN?

April 20, 2010
tags: ,

Sudah pernahkah kamu membaca tentang UU No. 42 Tahun 2009 tentang PPN & PPNBM? UU ini mulai diberlakukan per 1 April 2010. Nah, lantas apa si yang menarik dari UU itu? Yang menarik adalah pada salah satu butirnya yang mengatakan bahwa makan dan minuman yang disajikan di hotel dan restoran tidak terkena pajak PPN 10 %! Pada pasal 4A butir 2 pada UU No.42 Tahun 2009 dikatakan bahwa:

Barang yang tidak dikenai Pajak Pertambahan Nilai adalah barang tertentu dalam kelompok barang berikut:

  1. Barang hasil pertambangan atau hasil pengeboran yang diambil
    langsung dari sumbernya;
  2. Barang kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh rakyat banyak;
  3. Makanan dan minuman yang disajikan di hotel, restoran, rumah makan,
    warung, dan sejenisnya, meliputi makanan dan minuman baik yang dikonsumsi di tempat
    maupun tidak, termasuk makanan dan minuman yang diserahkan oleh usaha jasa boga atau
    katering; dan
  4. Uang, emas batangan, dan surat berharga.

Jadi apa kesimpulannya? Mulai sekarang JANGAN MAU BAYAR PPN lagi kalo beli makanan & minuman di restoran dan tempat lainnya! Jangan mau dibodo-bodohin lagi!

.

.

.

Eits, jangan terlalu senang dulu dengan kata-kataku di atas! Pihak restoran tidak salah, kita sebagai konsumen/pembeli harus tetap membayar pajak. Akan tetapi pajak apakah itu? Coba kita telusuri.

Seringkali di struk ketika kita membayar makanan tercantum beban pajak PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 10%. Nah, klo begitu berarti pihak restoran bersalah karena UU sudah menyatakan bahwa PPN tidak berlaku untuk makanan?

Jika hanya dilihat dari namanya, pihak restoran itu memang salah. Kenapa? Karena dari dulu pun kita tidak perlu membayar PPN ketika kita makan di restoran atau tempat makan lainnya. Tidak ada peraturan yang mengharuskan kita untuk membayar PPN di tempat makan. Akan tetapi klo dilihat dari esensinya, pihak restoran tidaklah salah, kita sebagai konsumen/pembeli memang harus membayar pajak, akan tetapi bukannya pajak PPN.  Yup, terjadi banyak terjadi salah kaprah di masyarakat kita untuk masalah ini. Dulu saya sempat mengira bahwa yang dipungut itu sebetulnya bukan PPN melainkan PPn (Pajak Penjualan), akan tetapi setelah saya cek ternyata pemahaman saya juga salah. PPn sudah tidak berlaku lagi sekarang, justru PPN ada untuk menggantikan PPn. Nah klo begitu lantas pajak apa yang kita bayar itu??

Untuk makanan memang tidak dikenakan PPN, akan tetapi di restoran itu dikenakan Pajak Pembangunan ato Pajak Restoran, biasa dikenal dengan sebutan Pb1. Untuk wilayah jakarta tarif pajak ini sama dengan tarif PPN sebesar 10%, pajak ini merupakan pajak yang dikelola oleh Pemda, dan besarnya bisa berbeda-beda tergantung kebijakan daerah ( untuk pajak daerah kita dapat mengacu pada UU 28/2009 tentang PDRD (Pajak Daerah dan Retribusi Daerah)).

Jadi, yang namanya pajak itu dibagi menjadi 3 berdasarnya pengelolanya. Pajak milik  Kab/Kota, Pajak milik Provinsi, dan Pajak Nasional. Pajak milik Kab/Kota adalah Restoran, Hotel, Hiburan, Reklame, Penerangan Jalan, Mineral non Logam dan Batuan, Parkir, Air Tanah, Sarang Burung Walet, PBB Perdesaan/Perkotaan, BPHTB. Pajak milik Pemerintah Provinsi adalah seperti Pajak Kendaraan Bermotor, BBNKB, Pajak Bahan Bakar KB, Pajak Rokok, Pajak Air Permukaan.
Sedangkan pajak nasional adalah seperti Pajak Pendapatan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), pajak bea cukai, dll.

Kurang lebih sekian penjelasan mengenai pajak, mari kita ubah persepsi dan pandangan orang di sekitar kita mengenai PPN di restoran. Jangan sampai kita salah kaprah dalam memahami pajak. Untuk mempelajari pajak lebih lanjut bisa masuk ke website pajak www.pajak.go.id

– Orang Bijak Mengerti dan Taat Pajak –

P.S.  Klo buat makanan di restoran kita emang kena beban pajak 10%, tapi klo restorannya di hotel kenanya jadi 21%😦

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: